Depok, Selasa
Keluarga Alumni Tenaga Listrik, Departemen Teknik Elektro FTUI (Kagatrik UI) akan mengadakan FGD (focus group discussion), yang membahas berbagai tantangan yang dihadapi bisnis dan industri ketenagalistrikan di Indonesia, serta strategi menghadapinya.

Bisnis dan industri ketenagalistrikan kini sedang mengalami perubahan yang pesat, akibat dinamika global maupun nasional. Kondisi mutakhir, misalnya, merosotnya nilai mata uang rupiah, kapabilitas industri komponen ketenagalistrikan, dan transformasi teknologi di era disrupsi ekonomi. Juga, persoalan klasik namun tetap actual, yaitu kompetensi sumber daya manusia (SDM).

Untuk menghadapi perubahan pesat itu diperlukan strategi yang tepat dan menyeluruh. Maka rencana strategi itu perlu dimatangkan dalam diskusi, yang melibatkan regulator, korporasi, praktisi dan akademisi.

Diskusi yang dilaksanakan dalam momen Halal Bihalal ini akan berlangsung pada Kamis, 12 Juli 2018, pukul 8.30-13.00 WIB, di Auditorium K301, Fakultas Teknik, Kampus UI Depok. Acara ini gratis, dan terbuka untuk semua alumni UI dan umum.

Pembicara pada FGD ini: Andy N Sommeng (Dirjen Gatrik KESDM RI), Harjanto (Dirjen ILMATE Kemenperin RI), Iwa Garniwa (Universitas Indonesia), I Made Suprateka dari PT PLN (Persero), Toto Arianto (PT Truba Jaya Engineering), Noval Jamalullail (Apkabel), dan Haryadi Syamsu (WIKA). Memberi sambutan kunci: Hendri MS Budiono (Dekan FTUI) dan Jarman (Kagatrik UI).

Masalah-masalah aktual yang dibahasan dalam FGD ini, antara lain: Tingkat komponen dalam negeri pada industri ketenagalistrikan; pengaruh pelemahan nilai rupiah dalam bisnis Ketenagalistrikan; transformasi teknologi ketenagalistrikan; kompetensi SDM sektor ketenagalistrikan; bunga rampai usaha ketenagalistrikan seperti produk/jasa, ketentuan kualifikasi usaha, tender, perizinan, asosiasi, dan sebagainya.

Diskusi ini diharapkan dapat mempertemukan atau sinkronisasi berbagai pemikiran dari para pemangku kepentingan di sektor ketenagalistrikan. Juga, membantu memberikan masukan dan umpan balik kepada pemangku kepentingan ketenagalistrikan

Para peserta diharapan dari kalangan regulator/pemerintah, korporasi, praktisi, akademisi (dosen dan mahasiswa), dan pengamat.
==============================

Notes:
Kagatrik adalah Keluarga Alumni Tenaga Listrik DTE Fakultas Teknik, Universitas Indonesia (FTUI). FTUI didirikan pada 1964, yang terdiri dari tiga departemen, yaitu Jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Teknik Elektro. Pada saat itu, Teknik Elektro dibagi menjadi 2 jurusan, “arus lemah” dan “arus kuat.” Arus lemah terdiversifikasi lebih jauh ke 4 jurusan spesifik lainnya, termasuk teknik pengendalian, teknik elektronik, teknik komputer, dan teknik telekomunikasi. Arus kuat menjadi teknik tenaga listrik (Gatrik) dan terakhir menjadi teknik tenaga listrik dan Energi (Gatriker).

Kategori: Uncategorized

Satrio Arismunandar

Satrio Aris Munandar

Elektro '80 (lulus 1989); S2 - Ketahanan Nasional UI (2000), S-2 Manajemen Bisnis AIM Filipina (2009); S-3 Filsafat FIB UI (2014)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pos Terkait

Uncategorized

Milf Dating Site – Casual Dating Online!

There are numerous senior dating sites that one could attempt. A few of them are free although some fee a nominal charge. In order to join the site, you will also need to fill out Baca Selengkapnya…

Uncategorized

Bueno Persistencia Vs Negativo Persistencia

Deberías decidir lo que le gustaría, correcto? Es sencillo pregunta, sin embargo el respuesta necesidades un poco más explicación. Respecto a persistencia con mujeres, hay dos diferentes escenarios hombres normalmente pertenecer para. Está el chico Baca Selengkapnya…

Uncategorized

8 How to Date during the cold winter in New York City

Pic Credit: gtmcknight (Flickr) The wintery times are slowly coming on united states within New York City. Soon the snowfall and ice are going to be here and, I don’t know about you, but I Baca Selengkapnya…

Open chat
1
"Pendaftaran TBEC 42"

Silahkan Isi Form